Yang Muda, Yang Usaha. ‘Pisangmu John’

Oleh: Putra

Ide bisnis bisa muncul dari siapa saja. Termasuk dari orang yang tidak berlatar belakang keluarga pengusaha. Kemauan berwirausaha bisa tumbuh karena desakan himpitan ekonomi seperti usai di PHK. Bisa pula lantaran luasnya pengaulan dengan para usahawan, atau iseng-iseng coba dagang makanan ke teman-teman dan mendapat sambutan positif. Aulindra termasuk yang demikian menapaki dunia bisnis makanan cemilan.

“Awalnya dagang makanan ringan kerupuk dan mie lidi. Ternyata laris dibeli teman-teman. Dari situ saya belajar, makanan cemilan ringan disukai mahasiswa karena harganya tidak terlalu mahal. Setelah itu saya sempat cek di internet tentang keripik pisang, ternyata berasal dari Lampung. Lalu saya dibantu saudara saya mencoba membuatnya di Sanggrahan, Kranggan, Temanggung” jelas Aulindra.

Bisnis cemilan yang dimulai sejak Maret 2019 ini dilabeli merek dagang ‘Pisangmu John’. Setiap kemasan 100 gram dibanderol harga 10.000 rupiah dengan varian rasa coklat asli, original yang gurih, dan matcha teh hijau. Lengkapnya mengetahui kiprah bisnisnya bisa akses akun instragram pisangmu_john, dan pemesanannya bisa hubungi nomor berikut ini CP: 08994121644 untuk pembeli di area Temanggung dan 085600385323 untuk pembeli di Magelang.

Aulindra juga bercerita tantangan dan perjuangan menjalani usahanya. “Kami sempat melayani pemesanan luar kota dan alhamdulillah pernah mencapai omset 5 juta rupiah. Saat bisnis sudah jalan seorang teman menyarankan agar mengurus legalitasnya. Sesuatu yang tidak terpikirkan sebelumnya. Akhirnya saya datang ke Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Temanggung. Menurut informasi jenis usaha makanan skala pabrik akan ditangani BPOM. Nah, ‘Pisangmu John’ ini termasuk industri rumah tangga jadi cukup mendapatkan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT) yang sudah kami peroleh” terang mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah Universitas Muhammadiyah Magelang ini.

Ke depan sembari menyelesaikan studinya. Aulin berharap Pisangmu John bisa dinikmati siapa saja. Selamat mencoba.

BAGIKAN SEKARANG :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!
!