Walikota Magelang dan ACT Tebar Benih Ikan Gurame

Pandemi membuat beberapa usaha masyarakat gulung tikar. Berbagai tokoh dan elemen masyarakat pun berinisiasi untuk menciptakan unit usaha yang tetap produktif meskipun masih pandemi. Aksi Cepat Tanggap (ACT) Magelang berkolaborasi dengan pemerintah kota Magelang untuk bahu membahu menciptakan lapangan usaha bagi masyarakat.

Akhirnya pemberdayaan masyarakat melalui budidaya Ikan Gurame diresmikan oleh Walikota Magelang dr. Nur Aziz pada hari Selasa (2/11/2021). Walikota secara simbolis melepaskan benih gurame ke dalam kolam milik warga. Program yang ACT hadirkan untuk masyarakat Kota Magelang didukung penuh oleh Pemerintah Kota Magelang beserta dinas terkait serta didanai oleh YBM PLN Kota Magelang ini bertujuan untuk memberikan kegiatan positif dan menghasilkan kepada masyarakat dalam bentuk budidaya ikan gurame padang. Ikan jenis ini memiliki nilai ekonomi lebih tinggi karena selain untuk konsumsi juga bisa dimanfaatkan sebagai ikan hias yang bernilai lebih mahal.

Menurut Giyanto selaku Kepala Cabang ACT Magelang budidaya ikan gurame kali ini memang dikhususkan untuk wilayah perkotaan dengan lahan yang terbatas. “Jadi kolam yang digunakan adalah box kulkas bekas yang berukuran 60 x 120 cm. Masyarakat tidak perlu menyediakan lahan yang luas, tetapi cukup menggunakan teras rumah sebagai lahan budidaya ikan ini” ujarnya.

Lokasi budidaya ini berada di kampung Tuguran, Kelurahan Potrobangsan, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang. Di sini kebetulan air mudah didapat sehingga memudahkan dalam membudidayakan ikan gurame. Setelah penebaran benih secara simbolis walikota magelang menyampaikan pentingnya program pemberdayaan semacam ini hadir di tengah-tengah masyarakat. “Program seperti ini adalah sangat bagus apalagi dalam masa pandemi covid masyarakat akan tetap bisa produktif dengan membudidayakan ikan ini karena hanya 3 bulan sudah bisa dipanen. Semoga program ini bermanfaat bagi masyarakat kota magelang dan seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya” pesannya.

(Editor: Ilham/ magelangpost.com)

BAGIKAN SEKARANG :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
!