Untidar Buka Program BIPA

Vivit Nur Arista Putra

Unit Pelaksana Teknis (UPT) bahasa Untidar Magelang, mulai membuka program baru yaitu Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Inovasi ini dibuat untuk menarik foreign students (mahasiswa asing) yang tertarik dengan bahasa Indonesia untuk belajar di kampus tersebut.

magelangpost.com menemui Dr. Farikhah (ketua UPT bahasa Untidar Magelang 2015-2019), untuk berbicara lebih banyak mengenai hal ini. “Selama ini UPT bahasa hanya menyelanggarakan pelatihan TOELF, tes TOEFL, seminar bahasa dan sastra. Tetapi mulai Januari 2018 kita membuka program BIPA dengan dua mahasiswa dari Jepang yaitu Michiko Kunihiro dan Tsubasa” tutur dosen bahasa Inggris ini.

Menurut Farikhah, pasangan suami istri asal negeri sakura tersebut tertarik belajar bahasa Indonesia karena ada bisnis jangka panjang dengan mitra dari Indonesia yang direncanakan. Sehingga mereka ingin memperlancar bahasa agar mudah dalam komunikasi dan negosiasi dengan pihak terkait.

Awalnya mereka berwisata di Yogyakarta, lalu melihat informasi BIPA di website dan datang ke Magelang untuk belajar. Farikhah melanjutkan, “secara SDM untuk penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar kita sudah siap. Tetapi manajemen BIPA nya kita masih perlu banyak belajar, seperti mengurus perizinan buka program ke Kemenristekdikti, manajemen finansialnya, dan bagaimana menarik orang asing untuk belajar bahasa Indonesia ke sini” ujarnya. Sebenarnya banyak wisatawan yang datang ke Magelang untuk mengunjungi candi Borobudur dan lokasi lainnya. Hal ini adalah pekerjaan rumah perguruan tinggi di kota bunga ini untuk memikat wisatawan agar mau belajar bahasa, sembari tukar menukar budaya.

Selama setahun ini, Michiko dan Tsubasa tidak ditarik biaya. Sebagai gantinya keduanya mengajar bahasa Jepang ke dosen atau mahasiswa Untidar. Simbiosis mutualisme pun terjadi. Mulai tahun 2019 ini UPT bahasa Untidar dipimpin oleh ketua baru yaitu Ibu Mursiah. Dosen bahasa Indonesia ini agaknya punya tugas lebih berat untuk menggelar program BIPA dengan mengundang mahasiswa dunia menuntut ilmu di kampus tercinta.

BAGIKAN SEKARANG :

One thought on “Untidar Buka Program BIPA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
!