Nasihat Sahaja bagi Hamba

Property of magelangpost.com

Oleh: Agung

Judul : Nashaihul Ibad
Penulis : Syekh Nawawi Al Bantani
Penerbit : Wali Pustaka
Tebal : 384 halaman
Harga : 57.000 Rupiah

Syekh Nawawi Al Bantani Al Jawi (1913-1897) pengarang buku ini, ialah ulama Indonesia yang pernah menjadi imam masjidil haram selain Syekh Khotib Al Minangkabawi. Alim asal Banten ini mewariskan pada kita kitab yang amat masyur di pesantren, yakni Nashoihul Ibad (Nasihat seorang Hamba) yang berisi bermacam nasihat yang mengandung ragam himbauan. Seluruhnya ada 214 nasihat yang berupa 45 hadis Nabi dan sisanya berupa atsar (ucapan sahabat dan tabi’in).

Berperantara buku ini marilah kita menyelami ratusan petuah hikmah yang bisa menjadi bekal menjalani hidup. Tersebab, baginda Nabi berujar “ahli ilmu itu lebih baik dari ahli ibadah. Dan sebaik-baik orang beragama ialah yang memiliki sifat wara’ (H.R. At Tabrani).

Terpujilah para ulama yang mewariskan ilmu berwujud pustaka. Semoga amalan ini keberkahan pahala atas ilmu yang dikaji dan baca. Sebagaimana cerita Al Ghazali. Suatu malam beliau bermimpi. Bertanyalah seseorang padanya. “Apa yang Allah perbuat terhadapmu?.” Imam Al Ghazali berkata “aku ditanya Allah, amalan apa yang kau persembahkan untukku?” Sejurus kemudian ku sebut rangkaian amal yang telah kulakukan. Lalu Allah mengatakan “Aku tak menerima semua amal yang sudah kau lakukan. Amal yang Kuterima darimu ialah amal ketika kau sedang menulis, seekor lalat hinggap di atas penamu untuk menjilat tinta. Seketika kau berhenti menulis untuk memberi kesempatan pada lalat mencicipinya.” Kemudian Allah berfirman pada malaikat, bawalah hambaku ini ke surga.”

Cerita tersebut ada dalam mukadimah Nashoihul Ibad, jika pecandu buku sedikit meragukan riwayat tersebut, setidaknya kita bisa mengambil ibrah dalam cerita di atas, yaitu besarnya pahala mengasihi makhluk. Sekecil apapun ciptaan Allah itu.

Buku ini banyak menguraikan nasihat bijak yang bisa dipetik. Mutiara ini memandu kita lebih arif menyikapi hidup dalam mengabdi kepada Allah. Bagi para pecandu buku yang sedang mencari jati diri, buku ini layak menjadi referensi. Kepada Allah kita beribadah, kepadanya kita memohon khazanah.

Agung
Public Relations magelangpost.com

BAGIKAN SEKARANG :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!
!