Moderasi Beragama dengan Karya Sastra

Oleh: Putra

Menyambut hari santri nasional 2021 akan digelar webinar nasional ‘Sastra Santri: Refleksi Moderasi Beragama.’ Acara ini terbuka untuk umum via zoom meeting pada Minggu, 17 Oktober 2021. Beberapa tokoh akan mengulas konsep moderasi beragama yang digagas oleh Kementerian Agama ini. Sebagai pengantar Adrianus Waworuntu (Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI) akan mengawali forum ini, dilanjutkan pemateri lainnya seperti Abdul Hadi (Cendekiawan Muslim), penyair Zawawi Imron, Riri Fitri Sari (Guru Besar TI UI) dan Nasruddin Anshoriy Ch yang akrab disapa Gus Nas.

Dihubungi oleh magelangpost.com, pada diskusi esok Gus Nas ingin menyampaikan, “perlunya membangun kesadaran kolektif melalui sastra kepada santri-santri dan umat Islam milineal, agar kembali pada akhlakul karimah sebagai acuan nilai dan keteladanan dalam bertutur kata” pesannya. Ketika diminta berkomentar tentang buku panduan ‘Moderasi Beragama’ yang dibuat dan diedarkan oleh Kemenag, Gus Nas menjelaskan “saya punya perspektif sendiri, yang lebih membumi dan berbasis keadilan.”

Institusi pesantren dan para santri harus ikut berperan mempraktikan ‘Moderasi Beragama’ ini agar tidak terkesan elitis dan hanya dijalankan pemerintah semata. Oleh sebab itu saran Gus Nas, “tentu program ini harus dikampanyekan terus menerus. Pada konteks ini solidaritas di pesantren, saya kira bisa menjawab tantangan ini dengan sangat jelas seperti melalui karya-karya sastra yang bermanfaat” pungkasnya.

Bagi pembaca yang ingin bergabung pada acara ini bisa mendaftar terlebih dahulu seperti tertera pada papan publikasi di atas. Selamat hari santri nasional.

BAGIKAN SEKARANG :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
!