Meraih Sukses Melalui Pasion

Dok. magelangpost.com

Oleh: Rika Rianty

Judul Buku: Millennial Power (Rahasia Milenial Kaya dan Mandiri)
Penulis: Deddy Corbuzier dan Erik Ten Have
Tahun: September – 2019
Tebal : 277 halaman

Melakukan sesuatu yang disenangi atau passion, bisa menghasilkan pendapatan yang mengantar pada kesuksesan. Namun, mewujudkan impian tersebut bukanlah hal yang mudah. Dunia pendidikan saat ini hanya mempersiapkan seseorang menjadi pekerja, bukan seorang pencipta lapangan kerja, sehingga ketika lulus kulah ia harus bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lain untuk mendapat pekerjaan.

Dalan dunia pendidikan saat ini setiap peserta didik dituntut seragam, harus berhasil pada semua hal, harus bernilai baik di semua mata ajar, dan harus lulus ujian nasional dari beberapa mata ajar setelah mempelajari semua bidang mata ajar. Situasi ini, seperti tidak mengakui bahwa setiap individu memiliki keunggulannya masing-masing di bidangnya. Seyogianya, potensi itulah yang harus dikembangkan sehingga pendidikan dapat menyiapkan lulusannya meraih sukses di bidangnya masing-masing.

Melalui buku ini, Deddy Corbuzier dan Erik Ten Have ingin memberikan tips-tips, khususnya bagi generasi milenial untuk meraih sukses melalui pembentukan pola pikir bahwa setiap orang memiliki kelebihan masing-masing dan jika kelebihan ini dikembangkan dengan konsisten akan dapat mengantarkan seseorang kepada kesuksesannya. Beberapa tips yang terdapat dalam buku ini antara lain, bagaimana cara menghidupkan passion, cara mencapai kesuksesan, cara mencapai kerja yang maksimal, kebiasaan dan pola pikir orang sukses, dan cara menentukan target secara objektif.

Selain itu, kisah-kisah inspiratif dari orang-orang sukses juga dihadirkan dalam buku ini sehingga dapat memberi motivasi bagi siapa pun untuk tidak menyerah dalam mewujudkan impiannya meraih sukses. Satu di antara kisah orang sukses tersebut adalah Ingvar Kamprad, pendiri IKEA. Berasal dari keluarga miskin dan mengalami gangguan disleksia. Ingvar mengawali perjalanan suksesnya sebagai pendiri IKEA melalui pengalamannya berjualan sejak masih kecil, yaitu menjual korek api, menjajakan dekorasi natal, ikan dan pensil kepada para tetangganya. Berikutnya adalah kisah sukses dari Stephen Hawking, Ilmuwan fisika dan Penulis buku Fisika Kuantum. Pada usianya yang ke 21, dia mengalami gejala kelumpuhan Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS). Akibatnya, Stephen Hawking mengalami kelumpuhan menyeluruh hingga kehilangan kemampuan berbicara. Namun, keadaaan tersebut tidak menyebabkannya berhenti berkarya. Ia menekuni menulis buku hingga karya-karyanya menjadi best seller di dunia. Dua kisah tersebut membuktikan bahwa passion yang kuat dan diiringi dengan keyakinan yang juga kuat dapat menjadi jalan kesuksesan bagi orang-orang untuk menjadi sukses.

Selain dua kisah tersebut, masih banyak kisah-kisah orang sukses lainnya yang mengikuti passion mereka diceritakan dalam buku ini dan dalam buku ini juga terdapat link youtube wawancara langsung dengan beberapa orang sukses tersebut. Kelebihan buku ini adalah menjelaskan tahap demi tahap dari pembentukan pola pikir untuk menjadi sukses.

Hal tersebut diawali dengan mengajak pembaca untuk mengkritisi arti penting sekolah atau kuliah. Kemudian dilanjutkan dengan pembahasan bagaimana cara meyakinkan orang tua bahwa dengan mengikuti passion, seseorang bisa menjadi sukses. Selain itu, tips-tips untuk menjadi sukses juga dipaparkan dengan jelas sehingga pembaca mudah memahaminya.

Kisah-kisah inspiratif dari orang-orang yang sudah sukses juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pembaca yang ingin mengetahui bagaimana mereka bisa meraih sukses bahkan di usia yang sangat muda. Kelemahan buku ini adalah tidak memberikan solusi mengenai sistem pendidikan seperti apa yang cocok untuk diterapkan saat ini sehingga dapat mendukung peserta didik dalam mengembangkan passionnya. Hal lainnya adalah bahasa dalam buku ini ditujukan bagi generasi milenial sehingga pilihan kata yang digunakan lebih ke anak-anak muda. Selain itu, banyak juga digunakan kalimat dalam bahasa inggris tanpa ada terjemahnya.

Over all, buku ini cocok dibaca siapapun, khususnya bagi yang sudah menemukan passionnya dan ingin menjadikannya sebagai pijakan dasar kesuksesannya. Berbagai tips dan kisah inspiratif dalam buku ini juga dapat dijadikan sebagai motivasi untuk berani menjadikan passion atau hal yang disuka sebagai jalan menuju kesuksesan.

Rika Rianty
Mahasiswa S2 UGM

BAGIKAN SEKARANG :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!
!