Mahasiswa UGM Bantu UMKM Ciptakan Sterilisator

Oleh: Putra

Lima mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM mengembangkan alat sterilisator UV. Alat ini berguna untuk memperpanjang umur simpan “Veganectar” (gula cair dari nira kelapa). Veganectar sendiri merupakan produk olahan dari nira kelapa yang diolah menjadi gula cair dalam kemasan botol yang diproduksi oleh UMKM KWT Nira Lestari di Candimulyo, Magelang. Alat sterilisator ini bekerja dengan memanfaatkan sinar UV C yang dapat membunuh mikrobakteri pada kemasan veganectar yang biasanya membuat veganectar tidak tahan lama.

Suatu kemasan botol haruslah steril demi menjaga kualitas dan umur simpan produk. Melihat pentingnya hal tersebut, Lima mahasiswa tersebut Sabda Alam (Fisika 2018), Aldi Riyanto (Fisika 2019), Nur Hidayah (Kimia 2017), Dwi Rahmasari Fatmawati (Kimia 2017), dan Dewi Rizqiyana (Kimia 2017), dengan bimbingan Mokhammad Fajar Pradipta. , S.Si., M.Eng., (Dosen Departemen Kimia FMIPA UGM) membuat sebuah alat yang mampu menjaga kualitas produk dan umur simpan gula cair “Veganectar” dengan cara mensterilkan kemasan produk.

Kepada magelangpost.com, Sabda Alam menyampaikan, “Teknologi Sterilisator kemasan ini merupakan gabungan dari dua teknologi yaitu kotak sterilisator UV dan filler. Kotak sterilisator UV berguna untuk membunuh mikro bakteri yang ada pada botol. Botol dimasukkan ke dalam kotak selama 10 menit untuk membunuh mikro bakteri yang ada. Fitur filler semi otomatis berguna untuk mengisikan cairan gula cair ke dalam botol sesuai dengan volume yang diinginkan sehingga pengisian menjadi mudah dan tepat. Konsep alat ini pun berhasil mendapatkan dana hibah melalui Program Kreativitas Mahasiswa Penerapan IPTEK (PKM-PI) Kemendikbud 2021. Alat ini cukup praktis dan terjangkau dibandingkan mensterilkan botol kemasan dengan cara direbus manual” terangnya.

Alat ini dapat membantu meningkatkan umur simpan gula cair “Veganectar”. Alat sterilisator ini juga dapat membantu UMKM yang memiliki produk dalam bentuk kemasan, sehingga produk yang dipasarkan lebih steril dan lebih tahan lama. “Itulah dasar kami mengembangakan alat sterilisator ini untuk membantu para UMKM yang memiliki produk kemasan untuk meningkatkan umur simpan dan kualitas produk mereka” ujar Sabda Alam.

Produk gula cair “Veganectar” ini memilik banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung banyak nutrisi seperti 16 asam amino, vitamin C, vitamin B kompleks, serta mengandung indeks glikemik yang rendah. Oleh karena manfaatnya yang tinggi, produk ini harus ditunjang dengan umur simpan yang tinggi dan kualitasnya yang baik. Salah satu caranya adalah mensterilkan kemasan agar terbebas dari mikro bakteri. Dengan adanya alat ini diharapkan dapat membantu UMKM khususnya yang memiliki produk kemasan untuk bisa menjaga kualitas produk mereka serta meningkatkan umur simpan produk sehingga profit yang di dapat oleh UMKM meningkat.

BAGIKAN SEKARANG :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!
!