Budaya Membaca

Dok. PP Darul Muslihin

Oleh: Prijanto Rabbani

Pentingnya buku dan pentingnya membaca adalah pesan yang sangat ditekankan dalam Islam. Bahkan Al-Qur’an pun disebut dengan nama Kitab.

Perintah membaca ada dalam wahyu pertama, “Iqro bismi rabbika”, ini menunjukkan pentingnya bacaan.

Dalam pandangan Islam, ada ungkapan yang sangat populer, bahwa sebaik-baik teman adalah buku. Karena buku dapat mempengaruhi emosi – membawa kegembiraan dan kebanggaan atau sebaliknya. Buku juga teman yang luar biasa tulus, menyampaikan apa adanya.

Dalam konteks kebudayaan, buku menggambarkan peradaban dalam konteks masyarakatnya. Dan salah satu elemen terpenting dalam peradaban adalah budaya membaca. Karena dengan membaca, setiap individu akan terbuka daya berpikirnya, semakin luas wawasan dan pengetahuannya.

Namun sayang, bangsa Indonesia yang notabene berpenduduk mayoritas Islam kurang memperhatikan tentang hal ini. Budaya membaca bagi bangsa Indonesia khususnya kaum Muslim masih berada jauh di bawah “bangsa-bangsa barat.”

Mari selalu membaca buku. Berikut beberapa manfaat membaca buku:

Pertama, membaca dapat melatih kecerdasan, mengembangkan akal dan pikiran, memunculkan banyak ide dan gagasan baru, sehingga bisa meningkatkan produktifitas.

Kedua, membaca bisa mengasah daya ingat dan pemahaman, meningkatkan pengetahuan dan memotivasi untuk menciptakan karya tulis yang dapat berguna bagi orang lain.

Ketiga, membaca dapat membantu untuk berpikir lebih jernih dan tenang. Membuat hati lebih terarah serta tidak berbuat yang tidak berguna dalam kehidupan.

Keempat, membaca akan mematangkan kemampuan dalam mencari atau memproses ilmu pengetahuan. Mengetahui apa saja yang belum diketahui secara detail, serta bisa mempelajari bidang-bidang pengetahuan yang berbeda secara bersamaan.

Kelima, membaca membuat seorang terbebas dari belenggu kebodohan dan menciptakan sebuah budaya yang sangat positif bagi kehidupan umat manusia.

Keenam, membaca dapat mengambil pelajaran dari pengalaman orang lain atau kebijaksanaan dari kalangan bijak bestari.

Ayo budayakan membaca dan Anda akan merasakan manfaatnya.

Prijanto Rabbani
Director of Center of Strategic and Policy Studies

BAGIKAN SEKARANG :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!
!