Bijak Menggunakan Media Sosial

Oleh: Putra


Kini kita telah memasuki era internet of things. Segalanya serba mudah berkat internet. Khususnya media sosial yang bisa menghubungkan teman masa lalu dan bisa mencari teman lintas batas. Mudah, murah, menghibur adalah tabiat media sosial. Setiap orang bisa memposting aktivitasnya dan bisa mengetahui kegiatan kawan atau tokoh idola. “Sisi negatifnya kita jadi membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Kita menjadi tak mencintai diri kita sendiri. Ini menjadi penyakit mental bagi kita. Pada umumnya setiap foto dan video yang diposting orang, selalu dalam kondisi dan penampilan terbaik. Padahal kehidupan nyatanya bisa jadi tidak demikian” terang Thamarai Chelvi Balachandaran pada diskusi “Bijak dalam Menyikapi Sosial Media” pada Rabu, 20 Juli 2022 di Jurusan Farmasi, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.


Agenda Pre Konferensi International Conference Pharmaceutical Updates (ICPU 2022) ini, juga mengundang Nazir Ahmad sebagai pembicara lainnya. “Media sosial memiliki efek yang berbahaya, seperti kita menjadi kecanduan, malas beraktivitas, waktu menjadi tidak produktif, maraknya akun palsu, hingga cyber bullying,” tukasnya. Karena itu kita harus bijak dalam menggunakan media sosial yaitu mengikuti akun tokoh yang jelas memberi manfaat bagi kehidupan kita, mengatur waktu, bijak dalam membalas komentar pedas netizen, dan selalu menjadi privasi kita.


Orang tua dan tokoh masyarakat juga harus melek media sosial, agar bisa mengontrol aktivitas anak-anaknya di dunia maya. Maraknya perundungan, rusaknya organ mata, anak menjadi asosial, hingga rekrutmen gerakan radikalisme karena kita absen memantau para generasi muda. Fase tumbuh kembang dan tahapan pencarian jati diri siswa dan mahasiswa perlu didampingi dan mendapat mentor yang tepat. Agar mereka bisa memakai media sosial untuk aktivitas yang bermanfaat sesuai kompetensi yang dimiliki seperti menambah relasi, jualan online, belajar online, hingga membuat berbagai aplikasi yang bisa berguna bagi sesama.

BAGIKAN SEKARANG :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!
!