Anda Mahasiswa Salah Jurusan?

dok. magelangpost.com

Oleh: Prijanto Rabbani

Biasanya setelah satu atau dua tahun belajar di kampus, sebagian mahasiswa ada yang mengeluh bahwa ia salah jurusan. Gejalanya mahasiswa merasa tidak cocok dengan materi kuliah atau melihat para alumni yang tidak banyak diserap lapangan kerja. Data penelitian menyebutkan, mayoritas mahasiswa di Indonesia adalah salah jurusan. Tidak main-main jumlahnya mencapai 87 persen dari jumlah mahasiswa di Indonesia.

Hal ini sesuai dengan penelitian Indonesia Career Center Network (ICCN) tahun 2017, disebutkan sebanyak 87 persen mahasiswa Indonesia mengakui bahwa jurusan yang diambil tidak sesuai dengan minatnya. Serta sebesar 71,7 persen pekerja, memiliki profesi yang tidak sesuai dengan pendidikannya.

Implikasinya karena jurusan yang diambil tak sesuai minat, bakat dan potensinya, maka besar kemungkinan prestasi akademik jadi pas-pasan. Tidak menutup kemungkinan malas dalam studi, serta tidak sedikit yang akhirnya drop out. Ditambah lagi, pekerja di Indonesia memiliki profesi yang tidak sesuai latar belakang pendidikannya. Ini menambah problematika persoalan bangsa. Para pekerja menjadi tidak produktif dan sulit untuk bersaing dengan tenaga kerja asing.

Menurut data yang dirilis World Economic Forum (WEF) tentang Global Talent Competitiveness Index (5/2/2019), Indonesia berada di urutan 67, kalah sama Filipina, apalagi dengan Singapura. Pemeringkatan ini disusun berdasarkan pada negara-negara ekonomi terbuka dengan penekanan kuat pada pendidikan. Inovasi dan dampak bakat dari lulusan negara ini dipandang memiliki kinerja sangat baik. Jadi, sangat penting ketepatan memilih jurusan saat studi. Implikasinya tidak sederhana, baik aspek individu maupun bagi bangsa. Mulai sekarang bagi penting bagi kita mengenali potensi kita, sehingga ke depan bisa memilih jurusan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

So, apakah anda termasuk mahasiswa salah jurusan?

Prijanto Rabbani
Director Centre for Strategic and Policy Studies

BAGIKAN SEKARANG :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
!